Cermati Masalah Sosial Yang Ada di Sekitar Kalian Berkaitan Dengan Keimanan Kepada Hari Akhir

Gempa yang Menjadi Rahmat -  Berikut adalah  pemikiran dan karya Amru Khalid dalam buku Revolusi Diri, simak dan baca penjelasanya.

Suatu hari Anas mengunjungi Aisyah. ”Terangkan kepadaku tentang gempa? Tanyanya. Gempa terjadi bila maksiat merajalela, perzinaan, minuman keras, dan dosa-dosa besar dianggap biasa. Allah Swt. pun memerintahkan, timpakan gempa kepada mereka”, jelas Aisyah. Apakah ia merupakan azab? Tanyanya lagi. “Tidak! Ia rahmat dan peringatan bagi kaum muslimin, sementara bagi mereka yang kafir, itu adalah azab dan siksa!”, tegas Aisyah.

Rasulullah saw. bersabda; “Kalian harus mewaspadai dosa-dosa kecil, kelak ia akan menumpuk dan membinasakan kalian” (H.R. Ahmad).

Anas bin Malik berkata,”Kalian telah banyak melakukan dosa kecil, yang di masa Rasulullah saw. itu merupakan dosa besar yang bisa mengahancurkan” Allah Swt. berfirman dalam Q.S. an-Nµr/24:15:

"(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia di sisi Allah Swt. adalah besar”.


Bila ini terjadi dua puluh tahun sepeninggal Rasulullah saw., bagaimana dengan lima belas abad sesudahnya atau saat sekarang?

Kalian harus melakukan perubahan pada diri kalian masing-masing. Pertolongan tidak datang begitu saja dari langit. Inilah hukum yang telah Allah Swt. janjikan kepada setiap manusia dan merupakan sunnatullãh.

Cermati masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kalian, berkaitan dengan keimanan kepada Hari Akhir. Kemudian, tanggapi dengan kritis dari sudut pandang kalian!

Di zaman sekarang ada banyak sekali tanda - tanda yang sudah mendekati adanya hari akhir, dari baerbagai sumber yang kami rangkum tanda - tanda tersebutpun sudah banyak di sekitar kita dan menjadi masalah sosial yang memang kita bisa saksikan, adapun masalah - masalah sosial yang ada di sekitar kita dan merupakan tanda - tanda akhir jaman antaralain :

1. Anak-anak menjadi penuh kemarahan.

2. Hujan dapat membakar.

3. Orang-orang jahat bertebaran di muka bumi.

4. Orang Berkhianat Dipercaya

5. Orang yang Benar Dianggap Pendusta

6. Orang-orang akan memutuskan tali silaturahmi.

7. Orang-orang munafik akan berkuasa.

8. Orang-orang yang berperangai buruk mengendalikan perdagangan.

9. Masjid-masjid dihias tapi hati manusia telah menjadi kotor.

10. Homoseksualitas dan lesbianisme tersebar luas.

11. Orang-orang muda mempunyai kekayaan besar-besaran.

12. Adanya perkumpulan-perkumpulan untuk merusak wanita.

13. Terjadinya penghancuran peradaban dan penghancuran dunia.

14. Instrumen musik akan tersebar luas

15. Akan ada banyak penegak hukum.

16. Maraknya penghinaan untuk membuat orang lain tertawa.

17. Banyak anak-anak yang lahir karena perzinaan.

19. Kita tidak lagi merasakan apapun ketika melihat kekerasan.

20. Wanita yang berpakaian dan telanjang pada saat bersamaan.

21. Mereka mempunyai banyak nama panggilan untuk khamr.

21 Tanda diatas mudah mudahan bisa menambah pengetahuan buat kita, dan disaat kita mengetahui tanda tersebut berharap keimanan kita terhadap hari akhir makin kuat.