Yang Dimaksud Akidah Islam Adalah

Daftar Isi

Yang Dimaksud Akidah Adalah  - Makna akidah secara bahasa berasal dari kata 

ةَيد قِعَ -ُقدِع َي -َدَع

yang berarti ikatan, atau perjanjian. 

Para ulama memberi pengertian aqidah sebagai berikut : 

Artinya : Sesuatu yang terikat kepadanya hati dan hati nurani 

Dalam Al Qur’an kata aqidah sering disebutkan, antara lain di dalam surat Al-Maidah ayat 1

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman penuhilah aqad-aqad itu.

Akidah Adalah

Yang Dimaksud Akidah Islam Adalah


Adapun yang dimaksud akidah adalah janji atau keyakinan kepada Allah Swt. Menurut istilah, akidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang oleh orang yang mempercayainya.

 Secara umum akidah dapat digunakan oleh ajaran Islam ataupun akidah di luar Islam, sehingga ada istilah akidah Islam, akidah Nasrani, akidah Yahudi, dan akidahakidah yang lainnya. 

Dengan begitu kita juga bisa simpulkan ada akidah yang benar atau lurus dan ada akidah yang sesat atau salah. 

Maka, Akidah Islam (al-akidah al-Islamiyah) bisa diartikan sebagai pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap orang yang beragama Islam (muslim). 

Ketika seseorang berakidah Islam, maka pondasi awal untuk membangun akidah/keyakinannya adalah keyakinan terhadap Allah sebagai Tuhan yang wajib disembah, Maha Esa, Pencipta dan Pengatur alam semesta, serta Dzat Ghaib yang merupakan sumber dari segala hal, termasuk juga kewajiban menjalankan aturanaturanNya dalam segala aspek kehidupan baik yang berhubungan dengan ibadah ataupun muamalah yang erat hubungannya dengan interaksi dengan sesama makhluk. 

Oleh karenanya, misi pertama yang diemban oleh tiap rasul untuk disampaikan kepada umat manusia adalah konsep ketuhanan ini.

QS. An-Nahl: 36 sebagai berikut:

”dan sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah, dan jauhilah tagut”, kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul).”. (QS. An-Nahl:36) 

Apa Yang Dimaksud Dengan Akidah Islam ?

Akidah Islam (al-akidah al-Islamiyah) bisa diartikan sebagai pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap orang yang beragama Islam (muslim).