Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga

Kumpulan Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga - Setelah kemarin kita bahas Doa Pelunas Hutang Dari Rasulullah pada artikel sebelumnya. Kali ini bacakata akan bagikan doa supaya kita bisa lunasi hutang dengan cara tak terduga. Doa ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber terpercaya. Berikut penjelasanya.

Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga

“Dan Tuhan Pemelihara kamu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, aku pasti akan mengabulkan(nya) bagi kamu." (QS. Ghafir ayat 60)

Allah memerintahkan kepada kita untuk berdoa memohon apa yang kita mau, sebab Allah berjanji dalam surat diatas dan memerintahkan agar kita sebagai manusia untuk berdoa kepada Nya.

Kita sangat boleh ko untuk memohon pertolongan lewat doa kepada Allah agar dimudahkan dalam melunasi hutang maupun dapat membayar hutang dari jalan yang tidak terduga. Hal yang mudah untuk yang Maha pemberi Risky mengabulkan hal tersebut. Namun perlu sobat ketahui bahwa dalam berdoapun ada adab, tempat dan caranya. Sebelum bacakata membagikan doa - doa membayar hutang dengan cara tak terduga. Alangkah baiknya kita pelajari adab dan cara - cara berdoa, mudah - mudahan dengan kita mengikuti hal tersebut doa kita bisa terkabul. Amiin

Adab dalam Berdoa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga

1. Memilih Kalimat Singkat, Padat, dan Berisi

2. Tidak Berdoa untuk Keburukan

3. Ulangi Doa Sebanyak 3 Kali

4. Merasa Yakin Doanya Pasti Dikabulkan

5. Menghadap Kiblat

Bagaimana agar doa kita dikabulkan?

Hal penting yang cukup utama dalam menerapkan cara agar doa terkabul adalah dengan berdoa di waktu mustajab. Waktu mustajab adalah waktu di mana doa Moms akan langsung didengar oleh Allah SWT. Ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa bagi umat Islam sehingga doa yang dipanjatkan bisa segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Waktu Mustajab Untuk Berdoa


Ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa, seperti yang kami kutip dari baznas.go.id ada 4 waktu mustajab untuk berdoa, berikut penjelasanya :

ada beberapa waktu dimana saat yang paling mustajab untuk berdoa. Kapan saja waktunya?

1.    Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.

Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir. Allah Ta’ala berfirman tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya:             

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

2.    Malam Lailatul Qodar

Lailatul Qadar adalah malam yang paling dicari dan dinantikan seluruh umat muslim di belahan dunia manapun karena merupakan waktu dimana kitab suci Al-Qura’an diturunkan. Selain itu keutamaan beribadah pada malam ini juga dihitung lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu, malam Lailatul Qodar adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa dan menyampaikan permintaan pada Allah SWT.
Sebagaimana firmanAllah Ta’ala:

“Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan” (QS. Al Qadr: 3)

3.    Saat Azan Berkumandang

Azan berkumandang merupakan salah satu saat terbaik untuk berdoa kepada Allah SWT bahkan dikatakan dalam hadist bahwa doa tersebut tidak akan tertolak atau kecil peluang tertolaknya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

4.    Saat Sujud dalam Shalat

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

nah setelah sobat mengetahui adab dan waktu mustajab untuk berdoa, berikut Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga :

Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga

اللَّهُمَّ فَالِقَ الْإِصْبَاحِ، وَجَاعِلَ اللَّيْلَ سَكَنًا، وَالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ حُسْبَانًا اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ، وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ، وَامْتَعْنَا بِسَمْعِ وَبَصَرِنَا، وَقُوَّتِنَا فِي سَبِيلِكَ


Allaahumma faaliqul ishbaahi wa ja'alal laili sakanan, wasy syamsi wal qamari husbaanan iqdhii annid daina, wa aghnini minal faqri, wa amti'nii bisam'ii basharii wa quwwatii fii sabiilika.

Artinya:

"Ya Allah, Zat yang menampakkan cahaya subuh, yang menjadikan malam sebagai waktu tenang, dan (yang menjadikan) matahari dan rembulan berjalan dengan hitungan tertentu, bebaskanlah utang dari diriku, cukupkanlah aku dari kemelaratan, dan bahagiakan aku dengan pendenearanku, pandanganku, dan kekuatanku dama jalan-Mu." (HR. Ibnu Syaibah dari Yahya bin Said)

اللَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَرَحِيمَهُمَا ، أَنْتَ تَرْحَمُنِي ، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allahumma ya farijal ham kasyifal gham mujiba da'watal mudhthorriin rahmanad dunya wal akhirah warahimahuma anta tarhamuni farhamni rahmatan tughnini biha rahmati man siwak.

Artinya:

"Ya Allah, yang menghilangkan kerisauan, Maha Mengikis gundah gulana, Maha mengabulkan doa orang yang menderita. Engkau Maha Pengasih kepada seisi dunia dan akhirat dan menyayangi keduanya. Engkau mengasihiku, berilah aku rahmat yang membuatku tidak memerlukan lagi pertolongan selain dari-Mu.

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a'uudzubika minal hammi wal hazani wa a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzubika minal jubni wak bukhli wa a'uudzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaali.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan bakhil. Dan aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya utang dan kelaliman manusia."

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as'aluka antarzuqunii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqqotin walaa dhairin wala nashabin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir

Artinya:

"Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."

Itulah doa - doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga, semoga bermanfaat dan hutang hutang kita bisa terbayarkan dari jalan yang tak terduga. Amin